Kedai Mesin Basuh Terpakai

Kedai Mesin Basuh Terpakai – Mesin basuh merupakan salah satu alat elektronik rumah tangga yang penting. Selain mencuci dengan tangan, mesin basuh lebih disukai karena dianggap lebih praktis dan menghemat tenaga. Mesin basuh juga dapat menghemat waktu, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan yang tinggi. Namun, harga mesin basuh baru yang cukup tinggi membuat banyak orang terpaksa membeli mesin basuh bekas. Mesin basuh bekas sendiri memiliki kondisi yang beragam, ada yang kondisinya masih baik dan ada juga yang kondisinya sudah tidak bagus lagi. Oleh karena itu, perlu cermat dalam memilih mesin basuh bekas agar mendapatkan mesin basuh yang kondisinya masih baik dan bisa digunakan dengan baik dalam jangka waktu yang panjang.

1. Periksa Kondisi Fisik Mesin Basuh Sebelum Membeli

Sebelum membeli mesin basuh bekas, pastikan untuk memeriksa kondisi fisiknya terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena mesin basuh yang sudah rusak atau cacat dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memeriksa kondisi fisik mesin basuh:

a. Bodinya

Pastikan tidak ada lecet atau karat pada bodi mesin basuh. Lecet atau karat dapat menjadi tanda bahwa mesin basuh tersebut sudah sering digunakan atau tidak dirawat dengan baik. Selain itu, periksa juga apakah bodi mesin basuh tersebut masih kokoh dan tidak ada bagian yang longgar.

b. Tabung Cuci

Periksa juga kondisi tabung cuci, pastikan tidak ada lubang atau retakan pada bagian dalamnya. Jika terdapat lubang atau retakan, hal ini dapat menyebabkan air bocor saat mesin basuh digunakan. Selain itu, periksa juga apakah tabung cuci masih bisa berputar dengan lancar tanpa hambatan.

c. Fitur dan Fungsinya

Nyalakan mesin basuh dan coba semua fiturnya. Pastikan semua tombol dan pengaturan berfungsi dengan baik. Jika terdapat fitur yang tidak berfungsi, tanyakan kepada penjual apakah fitur tersebut dapat diperbaiki atau tidak. Jika tidak, pertimbangkan untuk mencari mesin basuh bekas lain yang memiliki semua fitur yang berfungsi dengan baik.

d. Suara Mesin Basuh

Dengarkan suara mesin basuh saat beroperasi, pastikan tidak ada bunyi yang tidak biasa. Jika terdapat bunyi yang aneh seperti berisik atau berdenting, hal ini dapat menjadi tanda bahwa mesin basuh tersebut sudah mulai rusak. Sebaiknya hindari membeli mesin basuh bekas yang mengeluarkan bunyi yang tidak biasa.

e. Riwayat Penggunaan

Tanyakan kepada penjual tentang riwayat penggunaan mesin basuh. Pastikan mesin basuh tersebut tidak pernah mengalami kerusakan yang parah seperti kebocoran atau korsleting listrik. Jika penjual tidak dapat memberikan informasi yang jelas tentang riwayat penggunaan mesin basuh, sebaiknya pertimbangkan untuk mencari mesin basuh bekas lain yang memiliki riwayat penggunaan yang lebih terpercaya.

Kedai Mesin Basuh Terpakai

  1. Kedai Barang Elektrik Peti Ais Mesin Basuh | Second-Hand Used Appliances JB
  2. Kedai Repair & Jual Mesin Basuh N Peti Ais
  3. Kedai membaiki Dan Menjual Mesin Basuh Dan Peti Sejuk Terpakai

2. Bandingkan Harga Mesin Basuh Bekas dengan Harga Mesin Basuh Baru

Setelah memeriksa kondisi fisik mesin basuh, langkah selanjutnya adalah membandingkan harga mesin basuh bekas dengan harga mesin basuh baru. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda tidak membayar terlalu mahal untuk mesin basuh bekas yang kondisinya mungkin sudah tidak bagus lagi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membandingkan harga mesin basuh bekas dengan harga mesin basuh baru:

a. Kondisi Mesin Basuh

Pastikan mesin basuh bekas yang akan Anda beli memiliki kondisi yang setara atau bahkan lebih baik daripada mesin basuh baru dengan merek yang sama. Jika mesin basuh bekas tersebut memiliki banyak kerusakan atau fitur yang tidak berfungsi, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli mesin basuh baru yang lebih terjamin kualitasnya.

b. Merek dan Model

Bandingkan juga merek dan model mesin basuh bekas dengan mesin basuh baru yang sejenis. Biasanya, mesin basuh bekas dengan merek dan model yang sama dengan mesin basuh baru akan memiliki harga yang lebih murah. Namun, pastikan untuk tetap memeriksa kondisi fisiknya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

c. Garansi

Mesin basuh baru biasanya dilengkapi dengan garansi dari pabrikannya. Namun, mesin basuh bekas tidak memiliki garansi yang sama. Sebelum membeli mesin basuh bekas, pastikan untuk menanyakan apakah penjual memberikan garansi atau tidak. Jika tidak, pertimbangkan untuk mencari mesin basuh bekas lain yang masih memiliki garansi.

Daftar Harga Mesin Basuh Bekas di Malaysia

Setelah mengetahui tips memilih mesin basuh bekas, berikut adalah daftar harga mesin basuh bekas di Malaysia yang dapat menjadi referensi bagi Anda:

MerekModelHarga (RM)
PanasonicNA-F70B2300 – 500
SamsungWA70H4000SG350 – 600
LGWF-HX140GV400 – 700
ElectroluxEWF-10751450 – 800
SharpES-T85CL500 – 900

*Harga dapat berbeda tergantung pada kondisi fisik dan fitur yang dimiliki oleh mesin basuh bekas tersebut.

Kesimpulan

Memilih mesin basuh bekas memang dapat menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran. Namun, perlu dilakukan dengan cermat agar tidak mendapatkan mesin basuh bekas yang sudah rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Pastikan untuk memeriksa kondisi fisik mesin basuh sebelum membeli, membandingkan harga dengan mesin basuh baru, dan menanyakan tentang riwayat penggunaan mesin basuh tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mendapatkan mesin basuh bekas yang masih berkualitas dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selamat mencoba!

Leave a Comment